Minggu, 25 September 2011

event pariwisata di rembang :D


Event Pariwisata
Upacara/Adat/Event Pariwisata
* HUT Kelahiran RA.Kartini / Festival Kartini
Diperingati dengan serangkaian kegiatan festival/lomba yaitu lomba bagi ibu & remaja putri seperti lomba kuliner, membatik, dll. juga ada festival/lomba kesenian daerah. Kemudian kegiatan ziarah & tahlil ke makam RA Kartini setiap menjelang, selama/sesudah peringatan Hari Kartini, serta upacara resmi, tanggal 21 April.
* Pameran Foto dan Lukisan
Diselenggarakan setiap 3 bulan sekali ( pada akhir bulan April, Juli dan Oktober ) selama 1 minggu di Taman/ Sanggar Budaya  ( komplek Rumah Dinas Bupati Rembang ).
* Pentas Teater
Diselenggarakan setiap 3 bulan sekali ( pada pertengahan bulan April, Juli dan Oktober ) selama 3 hari di Taman/Sanggar Budaya  ( komplek Rumah Dinas Bupati Rembang ).

* Haul Sunan Bonang
Setiap bulan Selo (Dulkangidah) hari Rabu Pahing. Jika pada bulan tersebut tidak ada hari Rabu Pahing diganti Jumat Legi. Acara berlokasi di nDalem/ Makam Sunan Bonang di Desa Bonang-Kecamatan Lasem
* Penjamasan Bende Becak
Pusaka Sunan Bonang berupa “bende” dengan nama “Bende Becak” berdiameter 10 cm, sebagai alat untuk mengumpulkan para wali/sebagai tanda pemberitahuan akan terjadinya peperangan/musibah. Setiap tanggal 10 Dzulhijah (Hari Raya Idul Adha) pukul 09.00 diadakan upacara  penjamasan di rumah juru kunci Desa Bonang Kecamatan Lasem. Setelah upacara dibagikan-bagikan ketan kuning dengan enti/selai ( dari kelapa manis ) juga memperebutkan air bekas penjamasan yang konon dapat memberikan berkah.
* Haul Sultan Minangkabau ( Sultan Mahmud )
Murid Sunan Bonang dari Minangkabau yang menyebarkan agama Islam di daerahnya, dan kembali bersama isterinya di Bonang untuk memperdalam ilmu/ajaran Sunan Bonang; sampai kemudian meninggal dan dimakamkan di Bukit Jejeruk  ( sebelah timur Petilasan Sunan Bonang ). Setiap malam Jum’at Wage banyak yang berdatangan dari berbagai daerah baik ziarah maupun bersemedi.
* Haul KH.Abdullah Chafidz
KH.Abdullah Chafidz seorang Ulama Besar yang dimakamkan di belakang Masjid Agung Rembang. Setiap tanggal 27 Rabiul Awal, hari wafat beliau diperingati dengan serangkaian acara khataman Al Quran, tahlil dan pengajian umum. Banyak peziarah dari luar  Kabupaten Rembang yang hadir.
* Acara Syawalan / Kupatan
Diselenggarakan 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri, berlokasi di  TRP. Kartini Rembang dengan kegiatan lomban ( wisata laut ), wisata belanja, pertunjukan-pertunjukan musik, dll.
* Festival Thong Thong Lek
Diselenggarakan setiap akhir bulan puasa, yang merupakan kesenian tradisi penggugah sahur. Jenis musik yang dilombakan menggunakan alat tradisional bambu & alat modern; dengan pentas keliling dan pentas di panggung ( final ). Hadiah yang diberikan berupa kambing dan penghargaan lainnya.
* HUT / Hari Jadi Kabupaten Rembang
HUT / Hari Jadi Kabupaten Rembang tanggal 27 Juli 1741, dengan dimeriahkan berbagai hiburan dan kegiatan di wilayah Desa/ Kecamatan/ Kabupaten.
* Haul KH.Syayid Hamzah A.Syato
Seorang penyebar agama Islam di wilayah Kecamatan Sedan, terutama giat dalam mendirikan masjid. Peninggalan masjid yang didirikan bersama masyarakat desa sekitar, baik yang diperoleh dari hibah maupun usaha gotong royong. Seperti halnya dengan masjid  di Desa Sidorejo Kecamatan Sedan yang merupakan area tempat tinggal beliau, setelah meninggal dimakamkan di dekat pemakaman umum Demangan desa Sidorejo, setiap tanggal 23 bulan Syuro diperingati umat Islam baik oleh masyarakat sekitarnya maupun dari luar daerah/  Kabupaten/ Provinsi
* Haul KH. Bisri Mustofa.
Seorang ulama yang terkenal sebagai orator ulung, karya tulis salah satunya adalah tafsir Al-Quran  berbahasa Jawa  dengan tulisan Arab pegon “Al-Ibris “ 30 juz. Haul beliau  setiap tanggal 5 Rabiul Awal di Pondok Pesantren Roudlatul Thalibin Leteh-Rembang. Makam beliau di Desa Kabongan Kidul-Rembang.
* Haul KH. Ma’shum Ahmad
Setiap tanggal 6 Rabiul Awal di Komplek Pondok Pesantren Alhidayat di Desa Soditan, Kecamatan Lasem 12 km dari kota Rembang ke timur jurusan Surabaya. Makam beliau di sebelah utara Masjid Besar Lasem.
* Haul KH. Baidlawi
Setiap tanggal 15 Syawal di Komplek Pondok Pesantren Alwahdah di  Desa  Sumbergirang-Kecamatan Lasem, 12 km dari kota Rembang ke timur. Makam beliau di sebelah utara Masjid  Besar Lasem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar